sejarah perkembangan media penyimpanan data

sejarah perkembangan media penyimpanan data
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiM4vyZmbqnO5nGZQwMybI5gGbpcUrPi_AAjKsbpDM6J2NvczhvzPA4CNg1QAgkdnRHYMsOccQvF9Tit1RHb4Y38Q7vGxL9P7N4fcLEZjb3UL2y8vVFgCJJxGIxtnrCcfyIZm_LKs8pPG4C/s72-c/17.jpg

1. Punch Card



Mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui jenis penyimpanan data seperti ini. Model penyimpanan data ini memanfaatkan data dengan menggunakan bahan kertas dengan porforasi untuk menyimpan pola yang dipakai pada kain. Punch card ini berfungsi sebagai media penyimpanan dimana lubang porforasi tersebut ditulisi dengan sejumlah karakter yang nantinya dapat dibaca oleh unit masukan atau pembaca kartu.

2. Punch Tape



Media ini merupakan pengembangan dari Puch Card yang sama-sama menggunakan metode porforasi hanya saja jenis ini menggunakan bahan paper tape sehingga memiliki ukuran fisik yang lebih ringkas dari punch card.

3. Williams Tube



Alat ini adalah teknologi RAM pertama yang memiliki kecepatan 1,2 miliseconds per instruksi dengan kapasitas memori 512 hingga 1024 bits.

4. Selectron Tube



Media penyimpanan jenis ini memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari Williams tube yaitu dari 256 hingga 4096 bits. Ukuran yang cukup besar dan harga yang sangat mahal menjadikan jenis media ini tidak popular dan mulai ditinggalkan penggunanya.

5. Drum Memory



Memory jenis ini ditemukan oleh Gustav Tauschek di tahun 1932 dan ketenaran memori jenis ini ialah karena kapasitasnya yang cukup besar saat itu hingga kapasitas 10KB (kilo byte).

6. Magnetic Tape



Media penyimpanan jenis ini pertama kali dipakai oleh produsen computer IBM yang memfungsikan rol magnetic tape sebagai media penyimpanan data. Perangkat penyimpanan ini terbuat dari strip plastic panjang yang dilapisi dengan oksida besi yang berfungsi untuk merekam sinyal audio video ataupun data di komputer. Panjang magnetic tape ini biasanya sekitar 2400 kaki dengan lebar 0,5 inchi dan tebal sekitar 2 mm. model penyimpanan data melalui bintik magnet yang terdapat pada permukaan pita.

7. IBM 350



Penyimpanan tipe ini diterapkan di super computer pertama yang tersusun dari 50 keping disc yang berukuran 24” yang berputar dengan kecepatan 1200rpm dengan kapasitas penyimpanan hanya sebesa 4,4 MB (megabyte).

8. Compact Cassette



Penemuan dari Philips jenis ini tentunya kita pasti sudah mengenalnya, meskipun sudah tidak popular namun penimpanan jenis ini masih bisa kita ketemukan hingga saat ini.

9. Floppy Disk



Floppy disk muncul pertama kali tahun 1969 dengan kapasitas hanya sekitar 80KB (kilobyte) dengan ukuran 8” dan modenya hanya read only. media ini juga mengalami beberapa kali pengembangan baik ukuran maupun kapasitasnya hingga modenya. Floppy disk terakhir yang dikembangakan diketahui memiliki ukuran 3” dengan kapasitas penyimpanan 250MB (megabyte).

10. Laser Disc



Penyimpan media audio video ini mulai dikenal luas pada tahun 1978. Film pada jaman itu banyak disimpan dengan media ini namun Karena ukurannya yang cukup besar mencapai 30cm media ini tidak bertahan cukup lama.

11. Compact Disc



Pengganti Laser Disc ini pertama kali muncul tahun 1979 yang dikembangkan oleh Sony dan Philips dengan kapasitas hingga 700MB (megabyte). Kesuksesan media tipe ini bertahan cukup lama bahkan hingga sekarang ini kita masih banyak menjumpainya dan juga masih banyak orang yang memanfaatkan media jenis ini.

12. IBM 3380



Hardisk pertama kali yang dikembangkan oleh IBM ini menjadi cikal bakal berkembangnya hardisk berjenis platter yang ada saat ini. Ukuran yang hampir seukuran kulkas dan harga yang sangat mahal menjadikan penyimpanan ini tidak banyak menjaring pemakai hingga tidak popular di masa itu meskipun kapasitasnya dibilang lumayan untuk saat itu yaitu mencapai 2,52 GB (gigabyte).

13. ST-506



Siapa yang tidak kenal pabrikan hardisk bernama Seagate? Hardisk pertama yang berhasil diproduksi pabrikan ini hanya memiliki kapasitas sebesar 5MB (megabyte) dengan ukuran sebesar 5,25”.

14. Digital Audio Tape



Tidak salah jika Sony menyandang penguasa pasar untuk teknologi audio hingga saat ini. Dengan keberhasilan sebelumnya menciptakan Compact Cassette ternyata Sony terus mengembangkan penemuannya kea rah yang lebih tinggi yakni Digital Audio Tape. Peningkatan kapasitas yang mencapai dua kali lipat dari sebelumnya menjadikan perangkat ini mampu menyimpan data audio mencapai 120 menit.

15. Mini Disc



Mengandalkan ukuran yang kecil Sony ingin menyaingi ketenaran compact disc, namun karena pertimbangan harga dan kapasitas yang cuma mencapai 140MB (megabyte) perangkat ini tidak mampu bersaing dengan ketenaran compact disc sehingga cepat menghilang di pasaran dan gagal.

16. Zip Drive



Zip drive mulai diproduksi tahun 1994 dengan kapasitas mencapai 100MB (megabyte). Kelebihan media ini adalah kemampuannya untuk digunakan berulang kali dengan kapasitas yang cukup besar.

17. DVD



Dengan ukuran yang sama dengan compact disc media ini ternyata memiliki kapasitas mencapai 8,5GB (gigabyte) atau sekitar 12 kali dari compact disc. Media jenis ini pertama kali diproduksi pada tahun 1995.

18. Seagate Barracuda



Hasil pengembangan dari hardisk pertama Seagate ST-506 yaitu sebuah hardisk yang memiliki kecepatan putaran hingga 7200rpm yang berada diatas kecepatan putaran standar hardisk saat ini yaitu sekitar 5400rpm. Hardisk jenis ini pertama kali diproduksi pada tahun 1996 dengan kapasitas penyimpanan mencapai 2,5GB (gigabyte).

19. Microdrive



Microdrive merupakan media penyimpanan yang berhasil dikembangkan oleh IBM pada tahun 1999 dengan kapasitas penyimpanan mencapai 170MB (megabyte). Media ini adalah cikal bakal munculnya media penyimpanan jenis Flash memory.

20. Flash Drive / Flash Disk



Pertama kali flash disk berhasil dikembangkapn pada tahun 2000 dengan kapasitas penyimpanan mencapai 8MB (megabyte). Kemunculan media penyimpanan ini menjadikan keberadaan disket dipasaran menjadi hilang, hal ini karena fleksibilitas dan kemampuan media ini yang lebih dibandingkan disket menjadikan orang beralih pada model penyimpanan tipe ini.

21. Secure Digital Card (SD Card)



Perkembangan perangkat handphone yang memilik fitur tambahan seperti music player maupun camera digital menjadikan kebutuhan media penyimpanan tambahan dicari. Keberhasilan SD card bertahan dari awal kemunculannya sekitar tahun 2000 hingga saat ini, dari kapasitas awal yang hanya mencapai 32 MB (megabyte) hingga saat ini yang sudah mencapai kapasitas 256GB (gigabyte). Tipenya pun bermacam-macam seperti MicroSD, SDHC, XDcard, MMC, dsb.

22. HD DVD



Berkembangnya industry Film yang menghasilkan film dengan teknologi High Definition menyebabkan kebutuhan akan kapasitas media penyimpanan berjenis keping DVD meningkat pula. Jenis HD DVD ini mempunyai kapasitas hingga 4 kali lipat dari DVD biasa yaitu mencapai 30 GB. Toshiba merupakan produsen pertama yang berhasil mengembangkan media penyimpanan jenis ini.

23. Blu-ray



Teknologi Blu-ray menjadi pesaing dari teknologi HD DVD dengan kapasitas yang mencapai 60GB (gigabyte) atau 2 kali lipat kapasitas HD DVD. Namun terbentur dengan permasalahan harga kedua perangkat HD DVD maupun Blu-ray ini kurang popular di masyarakat.

24. Solid State Drive (SSD)



Solid State Drive merupakan media penyimpanan berjenis hardisk namun tidak memakai jenis platter. Perama kali media ini berhasil dikembangkan pada tahun 2008 dengan kapasitas penyimpanan mencapai 64GB (gigabyte). Ukuran yang lebih kecil dan berbagai kelebihan yang dimilikinya menjadikan media ini mulai popluer di masyarakat, hanya saja factor harga memang menjadi kendala untuk media berjenis ini dapat dijangkau semua lapisan masyarakat.

25. Cloud Storage



Cloud storage adalah model penyimpanan virtual yang mulai berkembang mulai tahun 2012. Model penyimpanan ini dapat di akses hanya dengan bermodal akses internet dan mampu diakses dari manapun saja. Sesungguhnya di pusat servernya media yang digunakan adalah tetap menggunakan model hardisk konvensional, hanya saja yang menjadikan beda adalah cara mengakses data di model penyimpanan data ini. Beberapa media penyimpanan cloud yang disediakan gratis saat ini antara lain Google Drive, DropBox, SkyDrive.

Related product you might see:

Share this product :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. selamat datang di blog ash - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger